Tips Merawat Dinding Batu Alam

Posted by Unknown | Posted on 02.06 | Posted in

Batu alam sekarang ini banyak digunakan untuk mempercantik bangunan rumah. Alasan lain orang menggunakan batu alam supaya suasana rumah menyatu dengan alam.

Selain untuk eksterior, batu alam juga digunakan untuk bagian dalam rumah sehingga mempercantik interior rumah. Batu alam biasanya digunakan untuk ornamen dinding garasi, taman, teras, pilar, pelengkap ornamen dapur, hingga kamar mandi dan juga aksesoris landskap.






Pemilihan batu alam sebagai elemen membuat tampilan bangunan tidak kaku, massif, ramah dan segar. Batu alam yang biasa digunakan ada beberapa jenis misalnya batu candi, batu paras dan andesit.

Batu Candi biasanya digunakan untuk eksterior semisal teras dan pagar. Bentuknya berupa lempengan-lempengan, tekstur kasar dan berpori besar sehingga mudah menyerap air.

Batu Paras memiliki tekstur yang halus, cocok digunakan untuk aksen pada dinding dan lantai.

Batu Andesit bisa digunakan pada bagian interior dan eksterior, karena memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Umumnya dipasang dengan pola susun bata.

Batu alam pada umumnya minim perawatan, sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Dengan menggunakan Batu alam rumah menjadi terlihat asri dan memiliki kesan kokoh.

Komponen bangunan batu alam saat ini banyak dipakai di rumah minimalis supaya menimbulkan kesan natural dan alami. Namun karena bentuk permukaan batu alam yang cenderung tidak merata membuat sebagian orang berfikir susah untuk merawat dinding batu alam ini.

Tips merawat dinding batu alam, caranya mudah saja . Anda bisa melakukannya tiga bulan sekali. Atau kalau terlihat kotor.
  • Semprotkan air secara keras ke arah batu alam ,
Untuk kotoran yang membandel , Anda perlu menyemprotkannya dengan selang secara keras.
  • Gunakan alat bantu ,
Jika kotoran di dinding batu alam tidak rontok dengan air, gunakan alat bantu, seperti sikat atau kuas dan sabun cuci.

Untuk mendapat hasil sempurna, lakukan dua hal berikut:
  • Lakukan coating batu alam
Sama halnya dengan dinding biasa , untuk hasil yg bagus dinding batu alam juga harus di-coating. Jika Anda belum pernah meng-coating batu alam tsb , lakukanlah coating dengan coating khusus batu alam. Jika sebelumnya batu alam sudah pernah di-coating , periksa kembali coating-nya , jika sudah terkelupas , coating kembali. Untuk Cara Merawat Dinding Batu Alam hasil terbaik , lakukan coating dengan kuas sebanyak tiga lapis dan ulangi setiap satu tahun sekali.
  • Periksa perekatnya
Coba perhatikan batu alam pada dinding Anda, jika dalam beberapa bulan, batu alam sudah lepas, itu berarti Anda salah memilih perekat.

Comments (0)

Posting Komentar