Tips Membuat Batu Alam Tetap Awet

Posted by Unknown | Posted on 05.43 | Posted in

Siapa orangnya yang tidak ingin barang yang dimilikinya bertahan lama alias awet.  Begitupun dengan rumah dan segala pernak-perniknya.  Setiap hari menghadapi perubahan cuaca dan iklim membuat rumah rentan terhadap yang namanya rusak.  Tak terkecuali dengan batu alam yang digunakan sebagai ornamen pada interior dan eksterior rumah.






Nah, jika Anda ingin batu alam tetap awet menghiasi interior/eksterior bangunan Anda, berikut caranya:
  1. Pilih yang tepat. Semua batu alam pada dasarnya memiliki kualitas baik. Namun perlu kejelian dalam memilih batu untuk ruang luar atau untuk ruangan yang lembap. Sebaiknya gunakan batu dengan pori-pori yang kecil agar porositas batu lebih rendah sehingga air yang melewati batu tidak mudah terserap ke dalam batuan.
  2. Cermat memasang. Hal-hal yang perlu dipersiapkan saat pemasangan :
  3. Rendam batuan yang akan dipasang. Batu basah membuat proses pengeringannya berlangsung bersamaan dengan pengeringan acian. Dengan demikian, proses pelekatan menjadi maksimal.
  4. Gunakan acian semen/pasir sungai halus. Pasir sungai tidak memiliki kadar garam. Menggunakan campuran pasir laut dapat membuat tepi batu berkerak.
  5. Jangan lupa finishing. Gunakan pelapis yang antisinar ultraviolet dan antijamur, sehingga batu alam tidak mudah berubah warna dan berjamur.

Comments (0)

Posting Komentar